oleh

Kepulangan Warga Sampung Dari Jakarta Menambah Jumlah Pasien Positif Covid-19 Di Ponorogo

Kepulangan Warga Sampung Dari Jakarta Menambah Jumlah Pasien Positif Covid-19 Di Ponorogo

www.suryanenggala.com– Ponorogo. Dengan bertambahnya jumlah pasien covid-19 di Kabupaten Ponorogo diharap semua warga jangan terlalu panik. Tetap ikuti semua anjuran dari pemerintah dan selalu waspada. Di duga menganggap sepele, seorang warga dari Dusun Dawung, Desa Ringinputih, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo yang pulang dari Jakarta resmi dinyatakan pasien pisitif corona pada hari Jumat (24/04/2020).

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni membenarkan hal ini. Ia mengungkapkan bahwa pada 12 April pihaknya telah melakukan pengambilan swab dan dikirim ke litbangkes Jakarta. Hasil lab sendiri baru keluar siang tadi dan dinyatakan positif Covid-19. “Benar hari ini ada yang positif 1 orang bukan dari klaster sukolilo. Dia warga Ringin Putih Sampung, perempuan. Datang dari Jakarta tanggal 11 April. Di rontgen hasilnya biasa. Tanggal 12 April kita swab. Selama datang dia tidak bertemu siapa-siapa dan langsung melakukan isolasi mandiri,” ujarnya, Jumat (24/4).

Lebih lanjut Ipong mengungkapkan, usai dijemput di rumahnya sore tadi, yang bersangkutan langsung dibawa ke RSU Asiyah yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Ponorogo. Pihaknya pun berencana akan melakukan rapid tes terhadap sejumlah anggota keluarga pasien ini. ”Ortunya besuk kita rapid test,” ungkapnya.

Disisi lain, pihaknya langsung melakukan tracing kontak erat. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan warga melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan. Pasalnya terendus kabar, pada 23 April kemarin yang bersangkutan diduga kuat melakukan kegiatan megengan (selamatan) dan tarawih berjamaah di masjid sekitar rumahnya.

”Selama ini yang bersangkutan disiplin isolasi di rumah, Tapi nanti kita cek lagi info tersebut. Ya yang bersangkutan akan diobati. Dijaga agar tidak ketemu siapa-siapa dulu,” tegasnya.

Baca Juga :
Kepulangan Warga Sampung Dari Jakarta Menambah Jumlah Pasien Positif Covid-19 Di Ponorogo
Pasien saat akan menuju RS Aisyiyah Ponorogo

Heri, Bhabinkamtibmas desa setempat membenarkan berita tersebut, ia juga menambahkan kontak erat dengan pasien positif covid dan keluarga juga harus diperiksa semua.

Karena menurut keterangan ayah pasien positif juga mengikuti kenduri semalam dan shalat Jum’at di masjid setempat tadi siang. Ia menjelaskan “Memang benar sudah dinyatakn positif tadi sore sekitar jam 3 tadi sudah ada koordinasi dengan stageholder, dinas kesehatan, sehingga setelah koordinasi lantas dilaksanakan penjemputan.”

Selain itu dimintai keterangan dari tim Surya Nenggala, Kepala Desa Ringin Putih, Supriyadi, langsung merencanakan perintah untuk lockdown dari dukuh Dawung,

Kepulangan Warga Sampung Dari Jakarta Menambah Jumlah Pasien Positif Covid-19 Di Ponorogo

“Kemungkinan besar akan kita ambilkan dana khusus dari Desa, tapi untuk itu nanti harus kita bicarakan terlebih dahulu bersama perangkat seluruh desa dan saya juga harus ijin kepada Camat. Sebelum dilaksanakan yang penting area Dawung kita lockdown dulu atau minimal satu RT area pasien positif.” Jelasnya.

Ia juga menambahkan, “Kami juga akan konfirmasi dengan dinas kesehatan dan puskesmas setempat untuk pasien positif ini bagaimana tindak lanjutnya. Ketika kita harus memberlakukan lockdown otomatis kita harus memikirkan perekonomian masyarakat didalamnya.” Pungkasnya

(LL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed