oleh

Hama Tikus di Dusun Gembyang, Desa Plabuhan Jombang

Hama Tikus di Dusun Gembyang, Desa Plabuhan Jombang

www.suryanenggala.com– Jombang. Sabtu 26/9/2020, Petani di Kabupaten Jombang tepatnya di Dsn. Gembyang Desa Plabuhan Kec. Plandaan sangat resah lantaran tanaman jagung serta palawija yang dari masa tanam hingga masa-masa panen diserang hama tikus.

Akibat serangan hama tikus tersebut petani terancam gagal panen hingga merugi jutaan rupiah. Parahnya tikus yang menyerang area persawahan dan ladang milik petani menurut mereka sangat memusingkan para pemilik lahan saat di temui team Surya Nenggala di pematang sawah.

Mas Wurianto salah satu petani warga Dusun Gembyang menuturkan ” akibat dari hama tikus ini dirinya merugi jutaan rupiah. Biaya yang dibutuhkan sangat banyak untuk membeli obat obatan dan untuk membayar tenaga kerjanya”.

Hama Tikus di Dusun Gembyang, Desa Plabuhan Jombang
Kondisi terkini tanaman yang diserang hama tikus

Lebih lanjut lagi Mas Wurianto juga menuturkan ” serangan hama tikus dari hari ke hari semakin menjadi.Segala carapun dilakukan dari memberikan racun tikus, berburu untuk mencegah hama tikus tapi hasilnya nihil. Kalau di bandingkan hasil panen sebelum terkena hama sama sekarang ini jelaslah sangat beda.

Sebelum terkena hama bisa menghasikan 7-8 kuintal kalau sekarang menghasilkan 2 kuintal itu sudah untung. Malah ada petani yank tidak panen sama sekali”.
Beliau berharap ” semoga semoga hama tikus ini secepatnya berlalu biar petani bisa cepat pulih kembali seperti sebelumnya. ” pungkasnya.

(At)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed