oleh

Festival Rengkong Kampung Adat Kesepuhan Citorek 2020

Festival Rengkong Kampung Adat Kesepuhan Citorek 2020

www.suryanenggala.com– Lebak. Dalam Rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 warga masyarakat Kecamatan Cibeber, wewengkon Citorek yang terdiri dari Desa Citorek Timur, Desa Citorek Barat, Desa Citorek Sabrang dan Desa Citorek Tengah Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak mengadakan parade Rengkong.

Seni Rengkong adalah seni budaya turun temurun dan merupakan budaya warisan nenek moyang masyarakat wewengkon Citorek.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak lmam Rismahayadin, yang turut hadir dalam acara parade Rengkong ini, mengapresiasi acara festival Rengkong yang ada di wewengkon Citorek Kecamatan Cibeber, dan berpesan kepada Kasepuhan wewengkon Citorek untuk terus menjaga dan melestarikan seni Rengkong.

“ini merupakan adat tradisi (lokal wisdom) yang akan menjadi daya tarik pariwisata. Sebagaimana visi Bupati dan wakil Bupati Lebak, yang akan menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal. ” kata Imam.
Dikatakannya, tahun depan festival Rengkong wewengkon kasepuhan Citorek akan dijadikan sebagai event tahunan atraksi budaya dalam mendukung pariwisata di Kabupaten Lebak.

“Melihat antusias warga masyarakat wewengkon kasepuhan Citorek dan keterlibatan penari Rengkong ini bisa kita dorong sebagai festival Rengkong terbesar untuk masuk dalam rekor muri. Sebagai festival Rengkong dengan penari terbanyak,” ujarnya.

“Kami menyakini melalui kelestarian budaya pariwisata di Kabupaten Lebak akan menjadi unggulan Nasional. Hal ini tentunya perlu kerja bareng semua elemen masyarakat yang ada. Yaitu semua unsur pentahelix harus mengambil peran masing masing dan saling terintegrasi. ” papar Imam.

Festival Rengkong Kampung Adat Kesepuhan Citorek 2020
Kepala desa sewewengkon citorek dan seluruh aparat desa serta masyarakat siap ikut menyaksikan dan membuka acara festival rengkong

Sementara, Kepala desa Citorek timur Jajang Kurniawan, menyampaikan terimakasih atas kehadiran Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, dan juga kepada semua pihak yang sudah turut membantu terlaksananya acara Pestival Rengkong di wewengkon Citorek.

“saya berterima kasih kepada Kadis Pariwisata Imam Rismahayadin yang telah meluangkan waktu menghadiri acara festival Rengkong ini. Juga terimakasih kepada semua pihak yang telah turut membantu kelancaran dan suksesnya kegiatan ini. Dan semoga untuk tahun bisa lebih meriah lagi, dan semoga seni budaya Rengkong ini akan menjadi destinasi wisata budaya unggulan di Kabupaten Lebak. ” ujarnya.

Baca juga :

Sementara itu, Cece Apandi selaku panitia festival Rengkong Wewengkon Citorek. Selainya menyampaikan terima kasihnya kepada kepala Dinas Pariwisata dan jajarannya yang sudah hadir di acara Festival Rengkong di wewengkon Citorek. Juga menyampaikan amanat dan mengajak masyarakat wewengkon Citorek untuk melestarikan Rengkong.

“Kita harus banyak memanjatkan rasa syukur, kalau kita panen hasil sedikit jangan takut kita kekurangan, dengan sedikit kita cukup, apalagi dengan hasil banyak. ” katanya.

Cece Apandi juga berpesan kepada masyarakat wewengkon juga pemuda pemudi calon penerus bangsa, agar jangan mau di pecah belah.

“Kita ada ciri sabumi, cara sadesa, dengan Iket ini simbol kita harus satu ikatan supaya kuat,” tutupnya.

(Irn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed