oleh

Dampak Covid-19 Bagi Pedagang Kaki Lima

Dampak Covid-19 Bagi Pedagang Kaki Lima

www.suryanenggala.com– Mojokerto. Covid-19 yang tidak pernah diduga atau dibayangkan orang sebelumnya memang memiliki dampak yang besar bagi semua orang. Tak hanya Indonesia seluruh dunia pun mengalami nasib serupa.

Perubahan yang paling signifikan adalah di sektor ekonomi. Segala kalangan pun terdampak mulai dari pengusaha besar sampai dengan pedagang kaki lima. Salah satu yang merasakan dampak nyata adalah pedagang kaki lima di Jl. Mojopahit Mojokerto adalah bapak M. Farid atau lebih dikenal dengan “cak gondrong” yang berjualan jagung bakar sejak kurang lebih 20 tahun lalu di jalan tersebut.

Usaha ini buka sejak pukul 17.00-23.00 malam. Beliau menuturkan bahwa sejak adanya Corona penjualan beliau menurun drastis. Bahkan beliau mengatakan “penghasilan sampai menurun sampai 50% yang awalnya Rp.300.000,- per hari sekarang menjadi Rp.150.000,- per hari”.

Dampak Covid-19 Bagi Pedagang Kaki Lima

Tak henti berusaha bapak ini mengembangkan varian menu, yang awalnya hanya berjualan jagung bakar aneka rasa dan jagung rebus sekarang beliau menambahkan menu “jasuke”. Menu andalan beliau yang paling dicari selama ini adalah “jagung bakar pedas manis”. Sayangnya beliau belum mengikuti perkembangan jaman dengan mengembangkan bisnisnya melalui penjualan online.

Dapat dimaklumi bahwa masih banyak masyarakat kita terutama yang sudah lanjut usia kurang memahami penggunaan smartphone. Lebih lanjut beliau menuturkan “semoga Corona cepat berlalu agar semua dapat kembali normal” pungkasnya.

(Lis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed